Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Aplikasi-aplikasi alternatif dalam negeri aplikasi WhatsApp - ANTARA

Jakarta (ANTARA) - Warganet sebagai pengguna berbagai layanan komunikasi melalui jaringan Internet semestinya tidak mempermasalahkan salah...

Jakarta (ANTARA) - Warganet sebagai pengguna berbagai layanan komunikasi melalui jaringan Internet semestinya tidak mempermasalahkan salah satu layanan yang mereka gunakan terkait dengan masalah, seperti media sosial Facebook, Instagram, dan juga WhatsApp.

Tercatat sudah dua kali dalam aplikasi berbagi pesan WhatsApp memperbaharui layanan dan terakhir pada Minggu (14/4) petang. Untuk pengguna yang ingin mengirim pesan singkat (sms) untuk WhatsApp ke bawah .

Sementara selain layanan sms, masyarakat dapat menggunakan aplikasi-aplikasi pesan instan lainnya. Misalnya, aplikasi pesan instan asal China, We Chat, atau aplikasi pesan instan milik Rusia, Telegram.

Namun, masyarakat menggunakan aplikasi Berbagi pesan instan karya anak negeri demi keamanan dan kepastian layanan.

Sebagai aplikasi pesan instan milik Indonesia, seperti dipantau Antara di Jakarta, Senin, telah tersedia di toko aplikasi Google Play Store. Aplikasi-aplikasi itu antara lain PesanKita, Catfiz Messenger dan Pusat Pesan APUS, bahkan GOJEK.

Baca juga: WhatssApp, Facebook dan Instagram "down" Minggu sakit Aplikasi pesan instan PesanKita telah dirilis sejak 1 Juni 2017. Aplikasi itu juga menerima pembelian fitur Kawal Pilpres 2019 pada 12 April 2019.

Dalam deskripsi aplikasi, PesanKita dapat diakses lebih dari 256 anggota untuk diambil pada setiap grup pengguna. Aplikasi yang unggul dalam mengirim file ( file ) dengan format apa pun, bahkan foto dan video yang dikirim tidak ditolak resolusinya.

Aplikasi PesanKita juga dilengkapi fitur pengatur waktu untuk instalasi pesan otomatis setelah dibaca oleh penerima. Aplikasi dengan bobot 25,49MB itu juga memiliki fitur enkripsi dan pencegah cuplikan layar ( screenshot ).

PesanKita telah diunduh lebih dari 10 ribu kali dengan seribu tinjauan dan dapatkan peringkat sebanyak 4,3 bintang.

Sementara, Catfiz Messenger telah mengantongi peringkat 4,2 bintang dengan lebih dari 40 ribu tinjauan. Aplikasi berbobot 12MB juga telah diunduh lebih dari satu juta kali sejak diterima pada 6 November 2019.

Baca juga: Kominfo sampaikan penyebab gangguan WhatsApp "Catfiz adalah messenger yang ringan tapi hebat, diramu dengan unik yang terdiri dari perpaduan instan , media sosial, streaming multimedia, dan penyimpanan cloud layanan," demikian keterangan aplikasi di Google Play.

Aplikasi Catfiz memiliki fitur privasi dengan nomor telepon, dapat membagikan file ukuran hingga 500MB, memutar video tanpa harus mengunduh dan kapasitas percakapan grup hingga dua ribu pengguna.

Sementara itu, aplikasi pesan instan Pusat Pesan APUS memiliki fitur unik yaitu manajemen pesan - pengelolaan satu langkah ( satu atap ) semua pesan jadi pesan tidak tersebar lagi.

Pusat Pesan APUS telah mengantongi peringkat dengan 4,6 bintang dan 990 ribu tinjauan. Aplikasi dengan bobot 9,5MB telah diunduh lebih dari 10 juta kali sejak diluncurkan pada 16 Oktober 2014.

Selain tiga aplikasi itu, warganet juga dapat memanfaatkan fitur pesan instan melalui aplikasi GOJEK. Fitur pesan GOJEK berada di halaman muka aplikasi. Fitur Berbagi pesan itu berada di bagian bawah, sejajar dengan fitur "Pesanan" dan "Kotak Masuk".

Baca juga: Gangguan WhatApp, pakar TI imbau masyarakat ubah ke PesanKita

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Imam Santoso
HAK CIPTA © ANTARA 2019


Read More

Tidak ada komentar