Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Prodi SPI Ulas Pengaruh Wabah terhadap Perubahan Sosial Budaya

PRODI SPI - Prodi Sejarah Peradaban Islam menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “ Budaya, Tradisi, Perubahan Sosial dan Wabah :...



PRODI SPI- Prodi Sejarah Peradaban Islam menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Budaya, Tradisi, Perubahan Sosial dan Wabah : Respons Masyarakat terhadap Wabah di Sulawesi Selatan” Sabtu (16/5) pukul 10.00 WITA melalui google meet.

Kegiatan ini menghadirkan Ketua Prodi Pascasarjana Sosiologi Unhas Dr. Suparman Abdullah, M.Si, Peneliti Balai Litbang Keagamaan Makassar Husnul Fahimah Ilyas, M.Hum, Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan dan Kaprodi Sejarah Peradaban Islam IAIN Parepare Dr. Nurkidam, M.Hum.  Seminar ini dimoderatori oleh Abd. Karim, M.Hum.

Dr. Suparman dalam materinya membahas  perubahan sosial budaya, tradisi dan wabah: respons masyarakat terhadap wabah di Sulawesi Selatan. Dr. Suparman menguraikan skema perubahan sosial dan memahami perubahan sosial dengan menggunakan pandangan modernisme dan postmodernisme. Dengan pendekatan ini, individu dapat menanalisis kondisi yang menggurung dunia/masyarakat global ke dalam sebuah dunia yang tak pernah berhenti  berlari, dan tidak pernah menurunkan tempo produksinya. Juga,  tidak mengurangi kecepatan inovasinya. Modernisme  menggiring masyarakat global ke dalam berbagai arus perubahan yang sangat cepat bahkan hipercepat menuju pada dewa, yaitu kapitalisme, posmodernisme, cyberspace.

Husnul Fahimah menjelaskan budaya, tradisi, perubahan sosialrespons masyarakat terhadap wabah di Sulawesi Selatan. Husnul memaparkan sejarah  wabah yang pernah ada di dunia, termasuk di Sulawesi Selatan  dan metode pengobatan yang pernah ada, seperti ritual, sanro dan medis. Husnul juga menjelaskan dampak terhadap adanya wabah bagi kehidupan ekonomi, sosial dan budaya bagi masyarakat.

Kegiatan ini diikutu mahasiswa dan dosen dari IAIN Parepare dan beberapa kampus yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar